Senin 23 Apr 2012 20:38 WIB

Seperti Apa Kriteria Pasar Tradisional yang Baik?

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Pasar Tradisional
Foto: kabartop.com
Pasar Tradisional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pasar tak hanya dijadikan sebagai tempat untuk jual beli. Wakil menteri perdagangan Bayu Krisnamurthi menuturkan setidaknya ada tujuh kriteria agar pasar menjadi tempat aktivitas yang nyaman bagi masyarakat.

Menurut Bayu, pasar harus sehat."Bersih dan tidak membahayakan konsumen," ujar Bayu saat berdiskusi dengan wartawan, Senin (23/4).

Bayu mencontohkan, kondisi pasar harus bersih agar tidak menjadi tempat bercampurnya berbagai penyakit. Ia mengungkapkan flu burung lebih mudah disebarkan di pasar dibandingkan peternakan.

Tak hanya itu, [asar, kata Bayu harus tertib hukum. Artinya, semua transaksi jual beli tidak boleh dilakukan dengan curang. "Pasar yang menipu timbangannya itu bahaya," tambah Bayu.

Kemudian pasar yang mempromosikan produk-produk dalam negeri, menurut Bayu termasuk pasar yang baik. Menurut dia, pasar yang baik bisa membuat pembeli semakin kata karena daya beli meningkat.

Tak hanya soal jual beli, menurut Bayu pasar yang baik harus menyediakan segala fasilitas bagi konsumen. Misalnya, harus ada fasilitas untuk ibu hamil dan orang cacat.

Pun tak ketinggalan, pasar juga harus hemat energi dan hijau. "Harusnya hijau dengan tanaman, bukan dengan bunga palsu," ujar Bayu.

Pasar yang baik, menurut Bayu harus tetap menjaga ciri khas daerah tersebut. "Yang terakhir, omset pasar harus naik agar selalu berkembang," ujarnya.

Bayu berharap pemerintah dan swasta bisa berkoordinasi unttuk merevitaliasasi pasar tradisional yang kondisinya cenderung tak begitu baik. "Kerjasama ideal ini yang kita cari baik sekali," ujar Bayu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement