Kamis 19 Apr 2012 09:24 WIB

PKS Prihatin Pengelolaan Tambang Dikuasai Asing

Ketua Fraksi PKS Mustafa Kamal
Ketua Fraksi PKS Mustafa Kamal

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Mustafa Kamal, menyatakan prihatin terhadap pengelolaan tambang di Indonesia yang sepenuhnya dikuasi oleh pengusaha asing.

"Tentu kita prihatin karena ternyata nyaris seluruh kekayaan sumber daya alam, khususnya pada bidang pertambangan dikuasi oleh pengusaha asing," katanya kepada wartawan di Mamuju, Kamis.

Mustafa menilai ketergantungan bangsa Indonesia terhadap pengusaha asing dalam mengelola potensi pertambangan ini akibat adanya kontrak kerja sama atau perjanjian lama antara pengusaha asing dan pemerintah. Kontrak kerja sama antara pemerintah dan pengusaha asing ini perlu kembali ditinjau karena kebanyakan tidak menguntungkan Indonesia.

Ia mengatakan presiden berjanji akan melakukan peninjauan ulang kontrak kerja sama dengan para pengusaha asing yang menguasai kekayaan alam di negeri ini.

"Pak SBY akan melakukan peninjauan ulang,'' katanya. ''Jika nantinya ada kontrak yang tidak menguntungkan negara, maka bisa dilakukan pemutusan kontrak.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement