Jumat 13 Apr 2012 22:13 WIB

Wapres: Gas Langka, Itu Masalah Umum

Kilang Gas Tangguh.
Foto: sindikasi.net
Kilang Gas Tangguh.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN - Wakil Presiden Boediono mengatakan bahwa kelangkaan gas yang sering dikeluhkan kalangan pengusaha merupakan masalah umum yang bukan hanya terjadi di Sumatera Utara.

"Kelangkaan (gas) itu masalah yang umum, termasuk di Pulau Jawa," katanya dalam pertemuan dengan bupati/wali kota se-Sumut di rumah dinas Gubernur Sumut di Medan, Jumat.

Meski belum dapat memberikan gambaran langsung, tetapi Wapres Boediono menyatakan kelangkaan gas tersebut banyak terjadi di berbagai daerah.

Namun, mantan Gubernur BI itu menegaskan jika pemerintah melalui Kementerian BUMN sedang melakukan upaya intensif dalam meningkatkan produk gas dengan memobilisasi BUMN terkait. "Tujuannya agar kebutuhan gas untuk industri bisa terpenuhi," katanya.

Dalam pertemuan itu, Pelaksana Tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho sempat menyampaikan kelangkaan gas yang dikeluhkan kalangan pengusaha setempat.

Menurut dia, kebutuhan kalangan industri terhadap gas di Sumut sekitar 17 mm per hari, sedangkan alokasi yang tersedia hanya 11 mm per hari.

"Kita sedang mencari cara untuk meningkatkan produksi gas secara nasional. Saya tidak bisa menjelaskan secara detail, tetapi kita sedang kerja keras," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement