Jumat 13 Apr 2012 13:04 WIB

Jenazah TKW Korban Pembunuhan, Dipulangkan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dewi Mardiani
Mayat (ilustrasi)
Foto: www.pollsb.com
Mayat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -— Jenazah tenaga kerja wanita (TKW) asal Kabupaten Sukabumi, Icoh Masitoh (32 tahun), akan dipulangkan ke Tanah Air, Jumat (13/4). Icoh meninggal dunia di Arab Saudi pada Januari 2012, karena diduga menjadi korban penyiksaan majikan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim membenarkan, jenazah Icoh masih dalam perjalanan dari Arab Saudi.’’Diperkirakan baru tiba di Jakarta antara pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB,’’ kata dia, Jumat.

Rencananya setelah sampai di Jakarta, jenazah langsung dibawa ke tempat tinggalnya di Kampung Tugu RT 02 RW 03, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok. Pemulangan akan mendapatkan pengawalan dari petugas Disnakertrans.

Ammar menerangkan, jasad Icoh dipulangkan setelah proses hukum terkait kasus pembunuhannya selesai. Informasi yang diperolehnya, majikan yang melakukan pembunuhan telah mendapatkan hukuman. Sebelumnya, Pemkab Sukabumi telah meminta agar pelaku pembunuhan Icoh dihukum berat.

Menurut Ammar, Icoh diduga meninggal akibat akibat benturan benda keras pada bagian kepalanya. Saat ditemukan, jenazah Icoh berada di kamar mandi.

Lebih lanjut Ammar mengatakan, Disnakertrans mengupayakan agar hak-hak Icoh seperti gaji dan asuransi segera dibayarkan. Pemkab kini menjalin koordinasi dengan perusahaan pelaksana penempatan TKI swasta (PPTKIS) yang memberangkatkannya, PT Madosa Labour International.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement