Rabu 11 Apr 2012 16:16 WIB

Gempa 8,9 SR Terasa Sampai Malaysia

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  —- Gempa 8,9 skala richter terasa sampai di Penang, Malaysia. Hal ini diutarakan Susana Kumalasari, jurnalis media cetak Ibu Kota yang sedang berada di Batam.

“Pak Andi Asrun (pengacara) barusan telepon saya  dari Penang, dan bilang gempanya terasa sampai di sana,” kata Susana kepada Republika, Rabu (11/4). Diceritakan Susana, Andi Asrun menyebut warga di Penang berhamburan ke luar rumah karena takut gedung-gedung bertingkat ambruk. “Dia bilang gempa terasa, dan semua orang berlarian ke luar,” ujar dia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merilis telah terjadi bencana 8,9 skala richter di Aceh. Gempa ini berpotensi terjadi tsunami. Gempa terjadi pada pukul 15.38 WIB.  “Ini berdasarkan info Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Gempa, kata Sutopo, terasa hingga Bengkulu, Lampung, Sumatra Barat, dan Sumatra Utara. Lokasi gempa di 2.31 LU, 92.67 BT, kedalaman 10 kilometer. “Keluarga yang berada di pesisir pantai harus waspada,” pesan Sutopo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement