Rabu 11 Apr 2012 00:12 WIB

Sst, Ada Modal Usaha Rp 1 Miliar untuk Mahasiswa, Mau?

Menperin MS Hidayat
Menperin MS Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pemerintah mengharapkan mahasiswa mengembangkan industri manufaktur karena sektor ini merupakan pilar pembangunan ekonomi nasional. "Pertumbuhan sektor industri manufaktur dalam setahun terakhir lebih besar dari pertumbuhan ekonomi. Ini merupakan peluang bagi mahasiswa untuk memulai bisnisnya di sektor industri," kata Menteri Perindustrian M.S. Hidayat pada acara seminar Pengembangan Wirausaha Baru Industri.

Menurut M.S. Hidayat, berbisnis di industri manufaktur akan menghasilkan "multiplier effect" dari bergeraknya sektor ekonomi primer seperti industri barang setengah jadi hingga produk jadi.

"Dengan memproduksi barang kebutuhan masyarakat, khususnya sektor industri manufaktur, akan meningkatkan kemandirian nasional," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan dalam skema modal patungan dengan pengusaha besar kepada mahasiswa yang mulai membuka usaha. "Pemerintah berikan modal usaha kepada mahasiswa yang ingin berwirausaha dari Rp1 miliar hingga Rp5 miliar. Komposisi bantuannya 51 persen pengusaha besar dan 49 persen pemerintah," paparnya.

Ditargetkan Hidayat, dalam kurun waktu dua tahun ada penambahan wirausaha baru dari kalangan mahasiswa.

"Sampai 2014, Pemerintah berharap 1.839 wirausaha baru akan tumbuh," tuturnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement