Ahad 08 Apr 2012 18:48 WIB

1.052 Pelajar Ikut Kompetisi Matematika Nalaria Realistik

Rep: Damanhuri Zuhri/ Red: Dewi Mardiani
Pelajar Sekolah Dasar. (ilustrasi)
Foto: Antara/Azi Fitriyanti
Pelajar Sekolah Dasar. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebanyak 1.052 pelajar dari tingkatan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Ahad (8/4), mengikuti Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR ke-7). KMNR ini digelar Klinik Pendidikan MIPA (KPM) di Pusdiklat Kementerian Perhubungan di Kemang, Bogor, Jawa Barat.

"Kompetisi Matematika Nalaria Realistik ketujuh ini diikuti 1052 peserta. Terbagi SD ada 768 peserta dari 189 sekolah dan SMP ada 284 peserta dari 75 , sekolah. Dari segi daerah ada 43 kota/kabupaten yang berasal dari delapan propinsi," tandas Presdir KPM, Ridwan Hasan Saputra MSi.

Ridwan mengatakan, pemenang kompetisi matematika ini mendapatkan hadiah menarik. "Kompetisi Matematika Nalaria Realistik ini sponsornya adalah hamba Allah dan tidak ada perusahaan yang mensponsori."

 

Kegiatan yang diikuti perserta dari delapan provinsi di Indonesia; Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara dan Lampung, tidak dipungut biaya. Para peserta, orang tua, mau pun guru yang datang memasukkan infak yang disimpan dalam amplop ke kotak di depan pintu GOR tempat berlangsungnya KMNR-7.

Dibandingkan tahun sebelumnya, kegiatan tahun ini mulai diadakan lomba untuk tingkat SLTP. Enam tahun sebelumnya lombanya hanya untuk tingkat SD. "Lomba saat ini sebagian sudah ada proses seleksi di daerah melalui cabang-cabang yang dibuat KPM, sehingga lomba ini diikuti oleh anak-anak yang merupakan hasil seleksi daerah," ujar Deasy salah seorang panitia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement