Rabu 04 Apr 2012 08:03 WIB

Gempa 5.* SR Goyang Kepulauan Aru

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Gempa tektonik berkekutan 5,8 skala Richter (SR) menguncang Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Rabu sekitar pukul 08.42 WIT.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Benny Sipolo, di Ambon, Rabu, mengatakan bahwa pusat gempa di 5.63 Lintang Selatan--133.78 Bujur Timur atau 101 kilometer arah barat laut Dobo, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Aru.

Gempa pada kedalaman 10 km di bawah laut tersebut mengagetkan masyarakat di Dobo.

Benny mengatakan bahwa pihaknya langsung berkoordinasi dengan Pemkab Kepulauan Aru untuk memantau dampak gempa yang terasa cukup kuat di Dobo.

Nus Kesaulya, warga Dobo, mengatakan guncangan sangat kuat sehingga warga panik dan berlarian keluar rumah. Selanjutnya, mereka memilih tempat yang aman karena khawatir terjadi gempa susulan serta kemungkinan gelombang pasang (tsunami).

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia dan bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

Daerah-daerah rawan gempa di Maluku di antaranya wilayah-wilayah bagian tenggara, Pulau Ambon, Seram, dan Buru. Sementara itu, pusat patahan di antaranya berada di Laut Ambon dan Seram Bagian Barat (SBB).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement