Selasa 03 Apr 2012 23:00 WIB

Hujan Deras, Lebak Banten Rawan Longsor dan Banjir

Anak-anak berjalan melawan genangan banjir yang melanda Jakarta. (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Anak-anak berjalan melawan genangan banjir yang melanda Jakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Banten - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak Provinsi Banten mengimbau warga mewaspadai potensi banjir dan longsor menyusul peningkatan curah hujan selama beberapa hari terakhir ini. 

"Kami meminta masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai waspada banjir. Imbauan peringatan kewaspadaan itu guna mencegah korban jiwa," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Muklis di Rangkasbitung, Selasa.

Ia mengatakan, berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banten, selama sepekan ke depan curah hujan meningkat di wilayah Kabupaten Lebak.

Intensitas curah hujan cukup deras terjadi pada sore sampai malam hari dan bisa menimbulkan banjir. Sebab peluang hujan bisa berlangsung antara 2,5 jam sampai 3,5 jam.

Karena itu, kata dia, curah hujan dengan kapasitas deras disertai angin kencang sangat berpotensi bencana alam, seperti banjir dan longsor.

"Kami minta warga mengungsi ke tempat lain jika hujan terus menerus khususnya yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir," kata Muklis.

Ia menyebutkan, jumlah desa di Kabupaten Lebak yang masuk kategori rawan banjir tahunan dan longsor tercatat 42 desa di Kecamatan Wanasalam, Banjarsari, Rangkasbitung, Warunggunung, Cileles, Cibadak, Leuwidamar, Bayah, Cikulur, Cimarga, Kalanganyar, Sobang, Cibeber, Cilograng dan Sajira.

"Kami berharap masyarakat selalu siaga saat hujan turun agar tidak menjadi korban banjir," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement