Selasa 03 Apr 2012 07:22 WIB

Gali Selokan, Warga Temukan Uang Dinasti Ching

Uang kuno. Ilustrasi
Foto: Antara
Uang kuno. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Warga di kawasan pantai dalam Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, menemukan mata uang asing yang diduga berasal dari Dinasti Ching dan Ming.

Mata uang asing di temukan masyarakat itu saat menggali selokan beberapa waktu lalu, tiba-tiba tercangkul sebuah guci tua berisikan mata uang kuno, kata Kurator Bengkulu Muhardi di Bengkulu, Selasa.

"Uang tersebut setelah dilakukan penelitian oleh tim dari museum ternyata berasal dari dinasti ching dan ming sekitar 1368-1644 yang dikenal uang kepeng dan ada juga dari vietnam," katanya.

Ia mengatakan, uang tersebut terbuat dari bahan baku tembaga pada abad ke 15 dan 16 yang banyak tersimpan di sepanjang pesisir pantai Bengkulu. Hingga kini uang kuno itu disimpan di museum Bengkulu. Seluruhnya tercatat sebanyak 30.500 keping dijadikan sebagai koleksi.

Penemuan mata uang asing dari kerajaan China tersebut bermula ketika salah seorang warga Kecamatan pondok Kelapa sedang melakukan penggalian selokan air dan secara tidak sengaja mencangkul satu buah guci berukuran setinggi satu meter.

Setelah dibersihkan guci tersebut dibuat di Vietnam berdasarkan tekstur dan motif. Selanjutnya di dalam guci itu terdapat mata uang asing dengan berat mencapai 40 kilo gram, jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement