Senin 02 Apr 2012 14:47 WIB

Awas, Bahaya Jalan Berlubang di Jakarta Barat

Rep: Ira Sasmita/ Red: Hafidz Muftisany
Jalan berlubang/ilustrasi
Foto: beritabatavia.com
Jalan berlubang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan titik jalan berlubang masih ditemukan di Jakarta Barat. Menurut data Ditlantas Polda Metro Jaya terdapat 426 titik jalan berlubang di Jakarta Barat.

Banyak jalan protokol yang tidak terurus dengan baik. Salah satunya adalah ruas jalan Daan Mogot dari arah Cengkareng menuju Grogol. Di sepanjang jalan tersebut banyak lubang mengaga.

Suhaedi (36 tahun), tukang tambal ban yang mangkal di ruas jalan Daan Mogot mengatakan lubang-lubang tersebut bisa mencelakakan pengguna jalan. Menurutnya hampir setiap minggu ada pengguna motor yang terjatuh atau tergelincir di lokasi tersebut.

Jalanan berlubang juga ditemukan dalam jumlah yang cukup banyak di jalan Kamal Raya. Akses jalan menuju jembatan Cengkareng ini bisa dikatakan rusak barat. Selain lubang, aspal jalanan sudah mengelupas. Pipin (19) pengendara motor yang sering melewati jalan ini mengaku sangat terganggu oleh kondisi jalan.

"Kadang lubangnya tidak terlihat. Kalau tidak hati-hati bisa jatuh. Apalagi kalau malam hari" katanya.

Kasudin PU Jalan Jakarta Barat, Yusmanda Faisal berkilah, kerusakan ruas jalan Daan Mogot dan jalan Kamal Raya bukan merupakan wewenang Sudin PU jalan Jakarta Barat melainkan kemeterian Pekerjaan Umum.

"Ruas jalan tersebut bukan kewenangan kami. Perbaikan dan perawatan merupakan tanggung jawab kementerian PU"ujarnya kepada Republika, Senin (2/4).

Akan tetapi kerusakan jalan di beberapa jalan nasional tesebut tetap diperhatikan pemerintah daerah Jakarta Barat. Kerusakan yang terjadi dilaporkan ke balai besar dan kementerian PU.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement