Rabu 28 Mar 2012 23:52 WIB

Ical Beri Kuliah Wirausaha di IPB

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Dewi Mardiani
Aburizal Bakrie
Aburizal Bakrie

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Aburizal Bakrie hadir dalam kuliah umum kewirausahaan 2012 yang digelar di auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Perikanan?Institut Pertanian Bogor, Rabu (28/3). Ia mengatakan, di dunia ini ada tiga bidang yang tidak ada matinya dari segi bisnis. "Yaitu makanan, energi, dan air," kata dia di hadapan ratusan mahasiswa yang hadir.

Masalah yang sering dihadapi para mahasiswa, menurut Ical, adalah bagaimana memulai berwirausaha. Dibutuhkan keberanian dan kreatifitas dalam memulai bisnis. "Memang, saya memulai berwirausaha itu dari tengah-tangah, karena yang mengawalinya adalah ayah saya. Meskipun dari posisi itu saya juga sempat mengalami jatuh bangun," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ical bercerita kisahnya pada titik terendah karir bisnisnya. Tahun 1998 adalah tahun terberat dalam karir Ical. Ia mengaku, saat itu hutangnya di lebih dari 200 bank di seluruuh dunia melebihi total aset dan kekayaan yang dimilikinya. Kepemilikan saham banyak berkurang hingga tinggal menyisakan 2,5 persen saja. "Waktu itu saya lebih miskin dari pengemis," ungkapnya.

Menghadapi keterpurukan itu, Ical mengaku berusaha untuk tetap tenang dan berusaha menutup utangnya sedikit demi sedikit. Dalam menghadapi segala persoalan, kata dia, yang terpenting adalah bersikap jujur dan fair.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement