Selasa 27 Mar 2012 21:22 WIB

Canting Jadi Aksesori Khas Pekalongan

Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, akan menetapkan alat membatik, canting, sebagai aksesori khas daerah setempat
Foto: Republika/Imam Budi Utomo
Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, akan menetapkan alat membatik, canting, sebagai aksesori khas daerah setempat

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, akan menetapkan alat membatik, canting, sebagai aksesori khas daerah setempat. Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan Kota Pekalongan, Beno Heritiono, di Pekalongan, kemarin, mengatakan, penetapan canting sebagai aksesori khas Pekalongan adalah bentuk komitmen bersama pengembangan inovasi dan kreatifitas penguatan ekonomi lokal.

"Canting memiliki keindahan, nilai filosofi, dan seni sehingga kami menetapkan alat untuk membatik kain tersebut sebagai aksesori khas Pekalongan," katanya. Menurut dia, dengan memiliki ciri khas tersebut, Kota Pekalongan akan menjadi magnet terhadap para wisatawan.

Selain itu, katanya, perekonomian daerah setempat makin berkembang dan menyejahterakan masyarakat. "Saat ini, kami akan mengadakan lomba canting khas sebagai upaya meningkatkan kreatifitas dan inovasi para perajin canting," katanya.

Ketua Paguyuban Canting Sejar Jagat Kota Pekalongan, Faisol Reza, mengatakan para perajin akan menyambut positif penetapan canting sebagai aksesori khas Kota Pekalongan. Kebijakan Pemkot Pekalongan itu, katanya, akan berdampak positif terhadap perajin canting. Mereka semakin termotivasi untuk meningkatkan kreatifitasnya dan berinovasi.

"Selain itu, dengan adanya kerja sama yang dijalin antara masyarakat dengan pemerintah akan bisa menumbuhkembangkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement