Senin 26 Mar 2012 18:27 WIB

Empat Tahun Gaji tak Naik, Hakim-hakim Daerah Ancam Mogok

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Empat tahun tidak mengalami peningkatan nilai gaji, hakim-hakim daerah mengancam melakukan aksi 'mogok'. Mereka akan menuntut kenaikan gaji ke Jakarta.

 

Juru Bicara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Sudjatmiko membenarkan adanya rencana aksi tersebut. Menurutnya aksi tersebut merupakan ekspresi kekecewaan rekan sesama hakim terhadap para pemangku kebijakan.

 

"Saya rasa mogok yang mereka maksud bukan tidak mau mengadili perkara, tapi supaya para pemangku kebijakan ini mau mendengar aspirasi mereka," kata Sudjatmiko saat ditemui di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (26/3).

"Karena beberapa kali pegawai negeri naik gajinya tapi hakim nggak naik. Tapi pasti berkala tiap dua tahun sekali naik," ujarnya.

 

Meski demikian, Sudjatmiko berpesan kepada rekan sesama Hakim agar dapat menyampaikan aksi protes mereka melalui cara-cara yang elegan. Salah satunya bisa langsung ke Mahkamah Agung, IKAHI atau mengadu ke Komisi Yudisial (KY).

Apapun yang menjadi keputusan para hakim untuk melakukan aksi mogok terkait tuntutan kenaikan gaji. Sudjatmiko menyatakan itu bagian dari hak mereka. "Akan tetapi saya menghormati apa tindakan mereka," terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement