Jumat 23 Mar 2012 23:21 WIB

Tomcat Serang Pondok Pesantren di Pamekasan

Serangga tomcat atau kumbang Rove.
Serangga tomcat atau kumbang Rove.

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Serangga Tomcat kian meluas. Kali ini serangga itu telah menyerang Dusun Brungbung, Kelurahan Lawangan Daja, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Jumat malam, sehingga menyebabkan warga resah.

Serangga itu masuk ke rumah-rumah penduduk, bahkan salah satu pondok pesantren di wilayah itu juga diserang serangga predator tersebut.

"Sejak sore tadi, serangga Tomcat mulai banyak ditemukan di rumah warga," kata warga setempat Dedy Priyanto. Warga di dusun setempat berupaya mengusir serangga beracun ini dengan menggunakan obat pembasmi serangga. Beberapa warga juga dikabarkan sempat terkena racun dari serangga itu.

Dusun Brungbung merupakan salah satu dusun di Kelurahan Lawangan Daja, Kecamatan Pademawu yang dekat dengan persawahan. Menurut Priyanto, sebenarnya jenis serangga ini sudah biasa muncul, terutama setelah musim panen padi. "Setiap musim panen biasanya serangga itu ada. Tetapi sekarang banyak sekali," kata Priyanto.

Selain menyerang rumah-rumah warga, serangga tomcat ini juga menyerang kompleks Pondok Pesantren Nurul Iman di Kelurahan Lawangan Daja, Kecamatan Pademawu. Bahkan salah seorang pengasuh pondok itu sempat terkena racun serangga tersebut.

"Wajahnya tampak memar, memerah seperti terkena ulat bulu," kata santri di pondok itu, Solihan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement