Jumat 23 Mar 2012 21:11 WIB

Sumbar Jajaki Ekspor Bumbu Rendang ke Jerman

Rendang
Foto: www.rendangpadangenak.blogspot.com
Rendang

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sumatera Barat berpeluang mengekspor bumbu natural kuliner rendang ke Indo-Market Berlin, Jerman, karena sudah mendapat tawaran dari kalangan pengusaha setempat. Pengusaha tersebut juga merupakan perantau Indonesia di negara itu.

"Beberapa kesepakatan telah dibuat dengan sejumlah perantau terkait pengiriman bumbu masakan dari Sumbar secara rutin untuk pengembangan usaha kuliner khas Minang di luar negeri, khususnya di Jerman," kata Ketua Tim Penggerak PKK Sumbar, Nevi Irwan Prayitno, di Padang, Jumat.

Sumbar merupakan salah satu peserta Festival Kuliner Indonesia 2012 di Berlin, Jerman, 9-12 Maret 2012. Sumbar menampilkan 17 ragam masakan khas Minang.

Menurut Nevi, peluang tersebut harus dapat dimanfaatkan untuk terus mengembangkan bumbu natural kuliner khas Minang khususnya rendang. Pihaknya harus bisa mengelolanya untuk memenuhi permintaan dalam dan luar negeri.

"Sebab mengirim rendang ke luar negeri belum dapat dilakukan karena terkendala proteksi terhadap daging asal Indonesia,'' kata Nevi. ''Sementara, peminat beragam kuliner khas daerah ini terutama rendang cukup banyak di luar negeri.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement