Jumat 23 Mar 2012 19:47 WIB

Libur Panjang Bikin Pantura Macet Panjang

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Didi Purwadi
Beberapa truk yang melewati Jalur Pantura tidak hanya mengangkut barang, tapi juga para pemudik.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Beberapa truk yang melewati Jalur Pantura tidak hanya mengangkut barang, tapi juga para pemudik.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Libur panjang akhir pekan dimanfaatkan banyak warga Jakarta untuk mudik. Hal itu terlihat dari meningkatnya volume kendaraan di jalur utama pantura Indramayu-Cirebon, Jumat (23/3).

Di jalur utama pantura Indramayu, kepadatan arus kendaraan terjadi di sejumlah titik. Di antaranya di Desa Eretan Kulon, Eretan Wetan, dan Ilir, Kecamatan Kandanghaur. Di ruas jalan tersebut, kemacetan memang hampir terjadi setiap hari, terutama malam hari.

Kondisi tersebut disebabkan adanya perbaikan jalan yang rusak sejak awal Februari 2012. Namun, saat ini kepadatan arus kendaraan semakin bertambah seiring dengan masa libur panjang akhir pekan. Kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah terus memadati jalur pantura.

Di jalur utama pantura Cirebon, antrian panjang kendaraan antara lain terjadi di ruas jalan Plered. Antrian ribuan kendaraan roda dua dan roda empat dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah mengular hingga lebih dari lima kilometer.

Kemacetan diperparah dengan banyaknya warga yang hilir mudik mendatangi tempat hiburan yang berada di pinggir jalur utama pantura. Ditambah lagi, banyak kendaraan pribadi yang menuju sejumlah obyek wisata di Kabupaten Kuningan. Di antaranya Cibulan, Sangkanhurip dan Linggarjati.

Salah seorang pemudik dari Jakarta, Widodo, mengatakan, sengaja memanfaatkan libur panjang akhir pekan kali ini untuk pulang kampung ke Tegal. Dia mengaku ingin berkumpul dengan sanak keluarganya.

‘’Yah mumpung liburnya panjang, saya ingin bertemu keluarga,’’ tandas Widodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement