Kamis 22 Mar 2012 02:47 WIB

Tim Seven Summit Bersiap Taklukan Everest

Tim 7Summits
Foto: 7summits-club.com
Tim 7Summits

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  - Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia (Seven Summit) Indonesia Wanadri siap memulai pendakian ke Puncak Everest (8.848 m) di Nepal. Jika tidak ada hambatan, misi ekspedisi tujuh puncak dunia akan dituntaskan pada tanggal 9 Juni 2012.

Dengan demikian total ekspedisi terakhir ini bila terpenuhi bakal memakam waktu 68 hari, salah satu pendaki, Fajri Al Luthfi, di Jakarta, Rabu (21/3).

Selain dirinya, kata dia, tim terdiri atas Ardeshir Yaftebbi, Martin Rimbawan, Iwan Irawan, dan Nurhuda. "Kami akan berangkat pada tanggal 29 Maret 2012," ujarnya.

Ekspedisi yang mereka lakukan tidak hanya sekadar untuk mencapai puncak, tetapi juga melakukan kampanye bahaya pemanasan global, pentingnya menjaga kelestarian alam, dan memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia. "Kami juga berencana membuat buku referensi untuk pendaki dari daerah tropis seperti kita," kata Fajri Al Luthfi.

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 m dpl (meter di atas permukaan laut). Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha yang artinya Dahi Langit dari bahasa Sanskerta. Ketua tim, Ardeshir Yaftebbi, mengatakan bahwa timnya melakukan persiapan sejak medio Januari hingga sekarang. Namun, total persiapan telah mereka lakukan sejak dua tahun lamanya dengan latihan terus-menerus.

Mereka melakukan program latihan, seperti lari, memanjat, berbagai pendakian di Gunung Gede dan Semeru. Tim juga dikarantina selama dua tahun dalam satu rumah dengan resep makanan yang dipantau oleh ahli gizi.

Ardeshir menambahkan bahwa ekspedisi pendakian gunung tertinggi di dunia ini merupakan tekad mereka untuk menaklukkan diri dan mereka menyebut Everest sebagai "tujuan hidup".

"Everest kami yang ada di Nepal, setiap orang harus punya 'Everest' masing-masing. Jangan berhenti sampai di situ, susunlah rencana, dan wujudkan. Jika kami berhasil mencapai puncak 'Everest' kami akan memiliki 'Everest lainnya," kata Ardeshir.

Sebelumnya, Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia (Seven Summit) Indonesia Wanadri telah mencapai enam puncak yang mereka mulai pada tahun 2010.

Pada tanggal 18 April 2010, tim mulai mendaki Puncak Ndugu-ndugu (4.884 m dpl) di Papua, kemudian Gunung Kilimanjaro (5.895 meter dpl) di Tanzania pada tanggal 1 Agustus 2010, lantas Gunung Ebrus (5.642 m dpl) di Rusia pada tanggal 19 Agustus 2010.

Lalu, Puncak Aconcagua (6.962 m dpl) di Argentina pada tanggal 27 Desember 2010 dan 2 Januari 2011, Puncak Denali (6.197 m dpl) di Alaska pada tanggal 15 Mei 2011, dan Puncak Vinson Massif (4.897 m dpl) di Antarktika pada tanggal 6 Januari 2012.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement