Jumat 16 Mar 2012 19:44 WIB

Polemik Zona Waktu, Inilah Usulan LAPAN

Rep: Roshma Widiyani/ Red: Hafidz Muftisany
Zona Waktu di Indonesia
Foto: bisnis.com
Zona Waktu di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ide penyatuan zona waktu sebaiknya kembali dipertimbangkan. Hal ini dikatakan peneliti senior Lapan, Thomas Djamaluddin. "Mungkin bukan disatukan, tapi disederhanakan. terutama untuk wilayah Kalimantan yang punya dua zona waktu," ujarnya.

Dengan membagi Indonesia menjadi dua zona waktu, maka waktu Indonesia barat terdiri atas Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Sedangkan waktu Indonesia timur adalah Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Hal ini merujuk pada rumusan zona waktu ideal. Thomas mengatakan, dengan rumusan ini zona waktu dalam satu wilayah sebaiknya sama. Selain itu zona waktu yang digunakan sebaiknya tidak menentang jam matahari. "Kalimantan dimasukaan dalam WIB supaya tidak terlalu jauh dengan jam matahari," katanya.

Idealnya indonesia memang memiliki tiga zona waktu. Hal ini didasarkan keadaan astronomis indonesia yang terbentang dari 95 sampai 141 bujur timur. Dengan asumsi satu jam berbeda 15 derajat, maka indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu. Namun, pada aplikasinya hal ini tidak meningkatkan kepraktisan.

Terlepas dari zona yang dipilih, Thomas menyarankan agar hal tersebut benar-benar dipertimbangkan. "Zona apapun yang digunakan, perlu kajian secara komprehensif. Jangan dari aspek tertentu saja (parsial). Semua aspek yang mungkin terpengaruh misalnya sosial, politik, dan ekonomi. Jangan lupa mempertimbangkan juga aspek fisis jam mataharinya. Hal ini berhubungan dengan jam biologis manusia," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement