Sabtu 17 Mar 2012 03:08 WIB

Sembilan juta Rumah Tangga Kekurangan Air Bersih

Agung Laksono
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Agung Laksono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan sekitar sembilan juta rumah tangga di seluruh Indonesia masih membutuhkan air bersih. "Sekitar sembilan juta rumah tangga sangat kekurangan air bersih dan mereka membutuhkan air bersih," kata Menko Kesra Agung Laksono di Jakarta, kemarin.

Agung menjelaskan, pemerintah menargetkan tidak ada lagi krisis air di daerah tandus dan daerah lainnya. "Sasaran tidak ada lagi krisis air di tahun 2025. Panduan proyek pekerjaan umum dan program nasional pemberdayaan masyarakat dan alokasinya dari APBN," katanya.

Dikatakannya, saat ini telah ada alat penjernihan air dengan memanfaatkan panel surya yang diharapkan bisa menjadi salah satu solusi pemenuhan air bersih. "Alat ini bisa menjawab kebutuhan listrik dan air di wilayah perbatasan, daerah terpencil, serta pulau terluar yang selama ini kesulitan air bersih," katanya.

Panel surya tersebut kata dia mudah dipasang, hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit. Selain bisa menjernihkan, bahkan airnya dapat diminum langsung dan bisa digunakan untuk menampung air hujan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement