Selasa 06 Mar 2012 14:35 WIB

Dua TKI Dipulangkan dari Suriah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dewi Mardiani
TKI, ilustrasi
Foto: Antara
TKI, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI —- Dua orang tenaga kerja Indonesia (TKI) wanita asal Sukabumi yang bekerja di Suriah akhirnya dipulangkan ke Tanah Air awal Maret lalu. Mereka merupakan bagian dari puluhan TKI yang dipulangkan sebagai dampak krisis di negara Timur Tengah tersebut.

Kedua TKI tersebut adalah Nunung Idik, warga Desa Kadurenan, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi dan Eneng Rohati Binti Udin Bisri, warga Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. "Kedua TKW sudah berada di rumahnya," terang Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Sukabumi, Jejen Nurjanah, Selasa (6/3).

Informasi mengenai kepulangan keduanya diperoleh dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI). Menurut Jejen, kondisi kedua orang TKI ini dalam kondisi sehat. Keduanya dipulangkan karena khawatir menjadi korban krisis politik Suriah yang makin memanas.

Jejen mengatakan, jumlah TKI yang berada di Suriah kemungkinan masih lebih banyak lagi. Hal ini diakui oleh Neneng, TKI warga Rambay, Kecamatan Cisaat, Sukabumi.TKI yang diperkirakan berjumlah puluhan tersebut diperkirakan berada di penampungan imigrasi dan korban trafficking di Suriah. "Informasi ini diperoleh dari seorang korban trafficking yang dipulangkan Desember lalu dari Suriah," ujar Jejen.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement