Jumat 02 Mar 2012 14:58 WIB

Inilah Resep Sukses Entrepreneur Wahyu Aditya

Rep: Agung Sasongko/ Red: Hafidz Muftisany
Pengusaha Kreatif Wahyu Aditya
Foto: Republika/ Aditya
Pengusaha Kreatif Wahyu Aditya

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG--Pendiri Hellomotion, Wahyu Aditya punya resep jitu bagaimana memulai usaha. Kepada para santri dan santriwati Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Jum'at (2/3), ia memaparkan sejumlah tips berikut.

Pertama, gumamkan dalam pikiran pertanyaan "Gimana Kalau?"Dahulu saya punya pemikiran bagaimana kalau Gatot Kaca versi wayang diubah menjadi versi anak muda," kata dia saat berbicara dalam Bincang Bisnis Kreatipreneur Republika.

Namun, kata dia, sebagai calon entreprenur kesabaran sangat dibutuhkan. Kalau tidak demikian jangan harap ada hasil maksimal. "Saya butuh waktu empat tahun untuk menjawab tantangan ini. Saya belajar dulu bagaimana bermain aminasi," kata dia.

Yang kedua, berani untuk spontan. Sebagai contoh, ia secara sponton mengubah logo HUT Kemerdekaan RI yang kaku dan tidak kreatif. Yang lebih parah, logo itu tidak pernah berubah. "Ya, akhirnya saya spontan saja membuat logo versi diri sendiri. Dampaknya logi itu kini dipakai dimana-mana," ucapnya.

Menurut Aditya, sebagai anak muda adalah penting membuat perubahan dengan cara-cara kreatif. "Teman-teman santri harusnya bisa seperti ini," ucapnya.

Tiga, lakukan hal baru. Keempat, ubah persepsi, ketika bekerja atau berusaha, anak muda harus berkontribusi untuk lingkungan, komunitas dan kepentingan orang banyak. "Apapun itu bentuknya, jangan hanya mengkritik tapi berikan kontribusi," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement