Kamis 01 Mar 2012 23:38 WIB

SBY Kunjungi Cina Bahas Pasukan AS di Asia

Presiden SBY
Presiden SBY

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Republik Rakyat Cina (RRC) pada akhir Maret 2012 merupakan salah satu upaya mengisi dan memaksimalkan kemitraan strategis serta berbagai kerja sama RI - RRC yang telah dibina sejak lama.

Siaran pers Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Kamis (1/3) mengutip wawancara eksklusif Menko Polhukam Djoko Suyanto dengan CCTV-4, salah satu stasiun berita terbesar di RRC, pada Selasa (28/2) di Beijing, RRC.

Wawancara selama satu jam tersebut mengupas peningkatan kerja sama bilateral RI - RRC, kerja sama maritim dalam kerangka ASEAN+3, serta penambahan pasukan militer Amerika Serikat di kawasan Asia-Pasifik.

Lebih lanjut Menko Polhukam menambahkan bahwa mencermati perkembangan di bidang politik, hukum dan keamanan yang terjadi di Indonesia, RRC, maupun dunia internasional, kedua negara sepakat agar Forum Dilaog Bilateral RI - RRC yang tadinya dilakukan dua tahun sekali, mulai tahun 2013 akan dilaksanakan setiap tahun.

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk membahas hal-hal yang lebih operasional, mengingat perlunya respons yang cepat dan tepat terhadap berbagai peluang dan tantangan yang dihadapi kedua negara.

Menanggapi pertanyaan mengenai peluang kerja sama maritim dalam kerangka ASEAN, Menko Polhukam menyatakan bahwa KTT ASEAN, KTT ASEAN+3 dan KTT Asia Timur pada 2011 telah membahas mengenai peningkatan kerja sama maritim antara negara-negara ASEAN dan Asia Timur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement