Ahad 26 Feb 2012 18:40 WIB

18 Kementerian Dikerahkan Tekan Angka Kemiskinan

Rep: Yusuf Assidiq/ Red: Dewi Mardiani
Salim Segaf Al Jufri
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Salim Segaf Al Jufri

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO -- Mengenai program pengentasan kemiskinan, pemerintah sudah mengerahkan 18 kementerian/lembaga untuk melaksanakan berbagai program sinergis agar jumlah rakyat miskin terus berkurang.

Menteri Sosial, Salim Segaf Al-Jufri mengatakan, satu kementerian bertugas untuk mengatasi kemiskinan dari sisi kempemilikan rumah, satu kementerian lainnya melaksanakan program Kredit Usaha Rakyat (KUR), sementara kementerian lain menggiatkan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM Mandiri).

Adapun untuk Kementerian Sosial, kata Mensos, pemerintah memberikan bantuan melalui program Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Usaha Ekonomi Produktif (UEP), Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RLTH), dan Sarana Lingkungan (Sarling).

“Untuk KUBE, UEP, RS-RLTH, dan Sarling akan terus kita berikan kepada mereka yang sangat membutuhkan di seluruh Indonesia,” kata Mensos, Ahad (26/3).

Dengan beragam program pengentasan kemiskinan tersebut, pemerintah berharap angka kemiskinan bisa terus berkurang. Pada tahun ini, jumlah rakyat miskin Indonesia mencapai 12,36 persen. Berbagai program penanggulangan kemiskinan diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan sampai satu persen setiap tahun. “Sehingga pada 2014 harapannya angka kemiskinan bisa di angka delapan sampai 10 persen,” kata Mensos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement