Ahad 26 Feb 2012 08:07 WIB

'Kader HMI Harus Kuatkan Moral, Intelektual, dan Independensi'

Rep: mj04/ Red: Heri Ruslan
Agun Gunanjar
Foto: Amin Madani/Republika
Agun Gunanjar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Alumnus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang kini menjadi Ketua Komisi II DPR, Agun Gunanjar Sudarsa, menegaskan, kader HMI saat ini harus lebih menguatkan moral, intelektual, dan independensi. Sebab, saat ini banyak kader HMI yang sudah melupakan prinsip tersebut.

''Jangan takut kepada siapa pun. Kader harus menjunjung tinggi prinsip tersebut,'' kata Agun saat perayaan 65 tahun HMI di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Sabtu (25/2).

Menurut Agun, kader HMI yang banyak melupakan prinsip ini adalah mereka yang saat ini berada dalam pemerintahan. Prinsip ini hilang karena adanya penyalahgunaan kekuasaan. seharusnya mendahulukan kepentingan umum, kata dia, yang terjadi justru orang-orang yang lebih mementingkan kepentingan pribadi, seperti pangkat, derajat, dan popularitas.

''Orang-orang di pemerintahan selalu takut dengan orang yang jabatannya lebih tinggi. Kalau tidak sesuai dengan prinsip, tinggalkan. Jaga independensi,'' cetus Agun

Fenomena lain, sebut Agun, adalah organisasi-organisasi yang melakukan aksi kekerasan dengan membawa agama. Ia meminta HMI untuk tidak mengikuti organisasi-organisasi tersebut. ''Lawan bentuk kegiatan-kegiatan yang tidak bermoral,'' ujarnya.

Agun berharap HMI tetap berperan dalam pembangunan bangsa serta mempertahankan kesatuan Negara Indonesia. Ia yakin di usianya yang ke-65 tahun ini, HMI akan bangkit kembali untuk memajukan Indonesia yang sejahtera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement