Jumat 24 Feb 2012 10:22 WIB

Jimly: Ahmad Sumargono Teladan Para Dai

Rep: A Syalaby Ichsan/ Red: Heri Ruslan
Ahmad Sumargono
Ahmad Sumargono

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Cendikiawan Muslim, Jimly Assidiqie mengenal sosok almarhum Ahmad Sumargono sebagai seorang aktivis Islam yang konsisten. Jimly berharap agar para dai yang aktif dalam kegiatan dakwah dapat mencontoh konsistensi almarhum semasa hidupnya.

 

Menurutnya, konsistensi tersebut terlihat saat dia melepas jabatan sebagai wakil ketua Umum Partai Bulan Bintang. "Yang penting visi untuk kebenaran keadilan dan risalah Islam mendapat ruang untuk diperjuangkan. Jabatan pun dia rela lepas," ungkap Jimly saat melayat di rumah duka, Jumat (23/2).

 

Tidak hanya itu, tutur Jimly, Gogon dikenal sebagai dai yang independen. Menurutnya, latar belakang Gogon yang juga pengusaha bisa membuatnya tidak bergantung kepada institusi mana pun. Dengan independensinya, ujar Jimly, mantan anggota DPR ini sangat vokal ketika di parlemen mau pun saat aktif di dewan dakwah.

"Bahkan pada sebelum reformasi dia aktif sekali. Dia orang yang mengikuti semua agenda menjelang reformasi," ujarnya.

 

Menurut Jimly, Gogon bukan termasuk golongan Islam garis keras. Jimly menjelaskan karena aktivitasnya yang juga terlibat di kalangan Islam garis keras, maka almarhum tampak berpaham keras. "Sebenarnya tidak. Dia kukuh pendirian," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement