Kamis 23 Feb 2012 20:05 WIB

Akbar: Citra Parpol Memburuk, Buat Masyarakat Apatis

Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Golkar, Akbar Tandjung
Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Golkar, Akbar Tandjung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Citra partai politik belakangan ini makin memburuk. Menurut Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar, Akbar Tandjung, memburuknya citra parpol itu berdampak pada sikap masyarakat yang menjadi semakin apatis.

"Citra partai politik yang semakin memburuk karena perilaku elite politiknya yang tidak menjalankan amanat rakyat dan malah melakukan praktik korupsi," kata Akbar Tandjung melalui siaran persnya, Kamis (23/2). Menurut dia, para elite partai politik harus mengubah paradigma bahwa berpartai bukan semata-mata berorientasi pada kekuasaan, melainkan juga mengakomodasi aspirasi rakyat.

Parpol yang tidak mengakomodasi aspirasi rakyat, lanjutnya, tetapi hanya mengutamakan kepentingan pribadi dan kelompoknya, tidak akan dipilih oleh rakyat. "Hal ini harus menjadi perhatian para elite partai politik karena akan membahayakan masa depan partai," katanya.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini menyatakan keprihatinannya terhadap perkembangan partai politik saat ini yang lebih mengutamakan transaksional dalam berbagai proses politik, terutama proses rekrutmen calon pimpinan di berbagai tingkatan. Paradigma seperti ini, kata dia, harus diubah agar parpol benar-benar menjadi pilar yang penting.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement