Kamis 23 Feb 2012 13:31 WIB

LSI: Jika Pilpres Hari Ini, Megawati Unggul

Rep: Ahmad Reza Safitri/ Red: Dewi Mardiani
Megawati Soekarnoputri
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Megawati Soekarnoputri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), jika pemilihan presiden (Pilpres) dilakukan hari ini, nama mantan presiden Indonesia, Megawati Soekarno Putri, menduduki peringkat pertama. Megawati bertengger di posisi pertama melalui survei terbuka dengan daftar nama dengan perolehan suara sebanyak 15,2 persen.

Posisi Megawati di susul Prabowo Subianto dan Jusuf Kalla, yang masing-masing mendapatkan suara sebanyak 10,6 dan 7 persen. Selain itu, ada juga nama Aburizal Bakrie (5,6 persen), Sultan Hamengkubuwono (4,9), dan Wiranto (3,9). Tak hanya itu, ada juga Boediono (3), Surya Paloh (2,6), dan Hatta Rajasa (2,2).

Pada hasil tersebut, menurut Direktur Eksekutif LSI, Saiful Mujani, diketahui setelah pihaknya melakukan penelitian pada 1-12 Februari 2012 dan menjaring hampir 2.050 responden.

Jika dikerucutkan menjadi tiga nama, berdasarkan data yang sama, Megawati tetap bertengger di posisi teratas dengan jumlah suara sebanyak 29. Di susul, Prabowo di posisi kedua dan Aburizal di posisi ketiga yang memperoleh masing-masing 24,6 dan 17,4 suara.

Kendati pemilihan presiden masih lama, namun, kata Saiful, kepala negara merupakan jabatan sangat strategis. Karena itu perlu untuk didiskusikan secara terbuka mengenai peluang dan kemungkinan putra-putri terbaik Indonesia untuk dapat menjabat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement