Rabu 22 Feb 2012 21:15 WIB

Enam Desain Perangko Seri Pon 2012 Diluncurkan, Koleksi Yuk!

Pos Indonesia
Pos Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - PT Pos Indonesia meluncurkan perangko seri Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 Riau, yang dilakukan di Hotel Holiday Inn Kota Bandung, Rabu (22/2). "Perangko seri PON 2012 ini merupakan salah satu upaya sosialisasi oleh PT Pos Indonesia untuk menginformasikan tentang kegiatan PON yang akan digelar September 2012," kata Direktur Utama PT Pos Indonesia I Ketut Marjana di Bandung, Rabu.

Peluncuran perangko seri PON XVIII/2012 itu ditandai dengan penandatanganan Sampul Hari Pertama (SHP) dan penempelan "mockup" perangko ke "backdrop" berbentuk surat oleh Direktur Jenderal Penyelenggara PON dan Informatika Syukri Batubara, Dirut PT Pos Indonesia I Ketut Marjana, dan Ketua Umum PB PON yang juga Gubernur Riau Rusli Zaenal.

Perangko seri PON 2012 itu terdiri atas enam desain yakni Maskot PON XVIII berupa Burung Serindit yang sedang melakukan berbagai aktivitas cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON mendatang.

Maskot PON XVIII yakni Burung Serindit yang mengenakan busana Melayu khas Riau dengan warna kebesaran Melayu warna kuning lengkap dengan songket di pinggangnya itu merupakan khas Provinsi Riau. "Seri perangko terbaru ini cukup istimewa dan mengakomodasi masyarakat Riau," kata Marjana.

Pos Indonesia menerbitkan 300 ribu set perangko dengan harga Rp15.000 per set dan dua jenis Sampul Hari Pertama (SHP) yang dicetak sebanyak 4.000 set dengan harga Rp9.500 per set dengan masa laku pos mulai 11 Februari 2012 hingga 31 Desember 2017.

"Perangko selain sebagai bea pengiriman surat, juga merupakan seni filatelis yang bisa menginformasikan sejarah kepada generasi mendatang," katanya. Ketua Umum Perhimpunan Filateli Indonesia Suyono menyebutkan, perangko selalu hadir sebagai pelengkap kegiatan PON pertama hingga PON XVIII/2012.

"Perangko selalu hadir dan ikut menyosialisasikan, menginformasikan serta menjadi bukti sejarah penyelenggaraan PON di Indonesia hingga yang ke-17 tahun 2012 ini," katanya.

Peluncuran perangko PON XVIII/2012 itu menggembirakan filatelis di Indonesia dan dunia yang dipastikan akan memburu perangko seri terbaru tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement