Rabu 22 Feb 2012 19:58 WIB

Gempa 6,1 SR Guncang Maluku Tenggara

Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: www.keyt.com
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  AMBON --  Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang Kabupaten Maluku Tenggara, Rabu sekitar pukul 17.45 WIB.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon Benny Sipolo menjelaskan lokasi gempa berada pada lokasi 5,21 Lintang Selatan dan 133,58 Bujur Timur atau 98 kilometer arah timur laut Kabupaten Maluku Tenggara dengan kedalaman 14 km di bawah permukaan laut.

Sipolo mengatakan, hasil koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami. "Gempanya tidak menimbulkan gelombang pasang (tsunami)," katanya menegaskan.

Ia juga mengakui bahwa pihaknya intensif memantau perkembangan gempa karena wilayah Maluku Tenggara maupun Kota Tual dan Saumlaki (Maluku Tenggara Barat) termasuk daerah rawan terjadi gempa di Maluku. Hampir setiap hari terjadi gempa di sejumlah daerah itu intensitas 2-3 SR.

Menurut Sipolo, Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan. Hingga kini, belum ada gempa yang berpotensi tsunami di Maluku. Gempa-gempa yang terjadi di Maluku kebanyakan tremor atau lokal dangkal yang terus-menerus dengan kekuatan berkisar 3-4 modified mercally intensity (MMI)).

Daerah-daerah rawan gempa di Maluku di antaranya wilayah bagian tenggara, Pulau Ambon, Seram dan Buru. Dan, pusat patahan di antaranya di Laut Ambon dan Seram bagian barat (SBB).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement