Senin 20 Feb 2012 12:47 WIB

Marzuki Alie: Rekrutmen Kader Partai Politik Harus Dibenahi

Bendera partai politik. Ilustrasi
Foto: Republika
Bendera partai politik. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Marzuki Alie menyatakan rekrutmen kader partai politik harus diperbaiki agar terbangun kembali kepercayaan publik terhadap partai politik.

Sebelum menghadiri silaturahmi pimpinan lembaga negara di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (20/2), Marzuki Alie mengatakan partai politik juga harus memberi pendidikan yang baik kepada kader-kader mereka, sehingga kader-kader partai politik yang ditempatkan di DPR bisa berlaku sebagai negarawan.

"Dengan demikian akan terbangun kepercayaan publik. Kita jangan memvonis parpol tidak ada baiknya," ujar Marzuki.

Menurut dia, partai politik tidak bisa dibubarkan karena demokrasi akan runtuh dan Indonesia bisa kembali ke era otoritarian.

"Tidak ada parpol dibangun untuk maling. UU Parpol jelas bagaimana kita mendorong agar parpol melaksanakan UU Parpol dengan baik sehingga apa yang dikeluhkan menjadi solusi untuk menjawab keluhan-keluhan masyarakat," tuturnya.

Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) terhadap 2.050 responden menunjukkan tren penilaian rakyat atas partai politik dan penegakan hukum di Indonesia semakin buruk akibat berbagai kasus korupsi yang melibatkan politisi. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement