Ahad 19 Feb 2012 19:26 WIB

NU Usulkan Ormas Anti-Pancasila Dibubarkan

Said Aqil Sirajd
Said Aqil Sirajd

REPUBLIKA.CO.ID, LAMONGAN -- Aksi penolakan atas organisasi masyarakat (ormas) marak belakangan ini. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siraj, mengusulkan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang anti-Pancasila atau tidak memiliki komitmen pada empat pilar bernegara (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI) untuk dibubarkan.

"Saya sudah sampaikan usulan itu ke DPR yang saat ini membahas Revisi UU Ormas. Saya tidak menyebut namanya, tapi organisasi apa saja yang melangkahi dasar-dasar negara harus dibubarkan," katanya kepada ANTARA setelah menutup Kongres I Ikatan Sarjana NU (ISNU) di Unisda, Lamongan, Jawa Timur, Ahad (19/2).

Didampingi Ketua Umum DPP ISNU, Ali Masykur Moesa, mantan Ketua Umum DPP ISNU Prof Dr dr Aboe Amar Joesoef SpKJ, dan Rektor Unisda HM Afif Hasbullah MHum, ia menegaskan bahwa kebebasan dalam berorganisasi itu bukan bebas mutlak.

"Beroganisasi itu memang bebas, tapi kalau kebebasan itu melangkahi dasar-dasar bernegara ya harus dibubarkan, karena kalau dibiarkan, justru menjadi duri di kemudian hari, terutama generasi muda yang tidak mengerti apa-apa," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement