Ahad 12 Feb 2012 05:31 WIB

Lemhanas: Nilai Pancasila Harus Dihidupkan Kembali

Garuda Pancasila
Garuda Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID, PASURUAN - Gubernur Lemhannas, Budi Susilo Soepandji mengatakan, nilai-nilai Pancasila perlu dihidupkan kembali di tengah lingkungan permukiman warga, serta tempat kerja.\

"Pendidikan nilai-nilai Pancasila perlu dihidupkan kembali baik dalam pendidikan formal maupun nonformal," kata Budi Susilo usai berdialog dengan para tokoh agama, masyarakat, serta organisasi kemasyarakatan di Tretes Raya, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (11/2).

Budi Susilo menuturkan, akan mengapresiasi usulan para guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk merevitalisasi pendidikan Pancasila di sekolah-sekolah. Para guru PKn juga mengusulkan akan mata pelajaran PKn masuk dalam ujian nasional.

Untuk kebijakan tersebut, lanjut Budi Susilo, diperlukan pembicaraan lanjutan di level kebijakan yang melibatkan Kementerian Pendidikan, Agama, Tenaga Kerja, dan Dalam Negeri.

Menurutnya pendikan Pancasila perlu dilaksanakan di setiap daerah dengan metode yang berbeda-beda, karena berdasar kajian Lemhannas kondisi setiap daerah juga berbeda-beda.

Ia mencontohkan, pendidikan Pancasila di Pasuruan yang kondisi daerahnya mayoritas warganya muslim, akan berbeda dengan kondisi Papua yang mayoritas warganya Kristiani.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement