Senin 06 Feb 2012 19:03 WIB

KNKT: Perketat Pengawasan Pilot

Rep: A Syalaby Ichsan/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA -- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) prihatin atas tertangkapnya oknum pilot Lion Air yang kedapatan menggunakan narkoba akhir pekan lalu. Ketua KNKT, Tatang Kurniadi, mengungkapkan untuk mencegah terulangnya kejadian serupa, operator penerbangan harus memperketat pengawasan kepada pilot-pilotnya.

Tatang mengungkapkan operator harus mengambil peran utama dalam pengawasan karena lebih tahu bagaimana kondisi kerja para pilotnya tersebut. Menurutnya, peran tersebut harus dijalankan karena operator pun akan mengalami kerugian secara bisnis jika ditinggalkan konsumen akibat perilaku negatif para pilotnya.

Menurut Tatang, peran pengawasan dari pemerintah pun dapat dimaksimalkan. Dia menyambut baik dengan adanya kebijakan Kementerian Perhubungan yang akan memberlakukan sistem random untuk memeriksa para supir udara. "Saya pikir kalau reguler mana tahu. Memang ada baiknya dengan random sehingga bisa  dadakan. Karena bagi seseorang yang addiktif atau kecanduan akan efektif," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement