Jumat 03 Feb 2012 16:37 WIB

Pendiri Demokrat : Angie Harus Nonaktif dari Partai

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
Angelina Sondakh
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Angelina Sondakh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan ditetapkannya status tersangka pada Angelina Sondakh, Partai Demokrat pun bereaksi. Salah satu pendiri Partai Demokrat, Fence Rumangkang meminta kadernya, Angelina Sondakh, nonaktif dari partai. Terlebih jika yang bersangkutan sudah positif tersangkut kasus korupsi.

"Kalau Angie kader PD dan ditetapkan sebagai tersangka. Maka otomatis harus nonaktif. Itu etika. Itu aturan," katanya, Jumat (3/2). Ia mengatakan sikap PD konsisten sejak awal yakni menghormati ranah hukum. Terlebih lagi jika lembaga penegak hukum, dalam hal ini KPK telah memiliki cukup bukti dan pertimbangan yang matang.

Artinya, ia beranggapan ketika KPK sudah menetapkan status seseorang tidak mungkin sembarangan dan punya dasar yang kuat. "Kalau sudah ada kader yang 'menyangkut' ke KPK, PD menyerahkan sepenuhnya pada KPK," katanya.

Terhadap nama kader lain yang disebut terlibat, Fence hanya menunggu proses hukum yang berlaku. Ia juga menegaskan Ketua Dewan Pembina, SBY tidak akan pernah mengintervensi kasus tersebut. Fence pun menginginkan agar dalam waktu dekat bertemu dengan para pendiri partai untuk berkomunikasi secara nasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement