Kamis 02 Feb 2012 23:47 WIB

Dahlan : Ibarat Awan, Demo Buruh Pasti Berlalu

Meneg BUMN, Dahlan Iskan
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Meneg BUMN, Dahlan Iskan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri BUMN Dahlan Iskan optimistis masalah perburuhan nasional dapat diatasi dengan baik asalkan semua pihak, pemerintah, pengusaha, dan buruh dapat melakukan komunikasi intensif

"Masalah perburuhan bisa diselesaikan. Seperti pepatah Tiongkok menyebutkan, "awan mendung itu tidak akan berada di satu tempat terus menerus, pasti akan bergeser. Pasti ada suasana yang lebih cerah," kata Dahlan saat membuka seminar Economic Outlook 2012 bertajuk "Journey of Wealth in The Year of Dragon", di Jakarta, Kamis (2/2).

Dalam sambutannya, Dahlan menyoroti demo buruh di Bekasi pada Jumat (27/1) yang menganggu aktivitas pabrik serta mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas dan barang di kawasan itu.

Menurut Dahlan, arak-arakan para buruh menuntut penetapan upah yang berkeadilan telah mengakibatkan kegiatan ekonomi terganggu.

"Kalau demonya seperti itu kan yang rugi semuanya, ya perusahaan, ya orang yang tidak terkait dengan demo tersebut, termasuk buruh yang melakukan unjuk rasa sebenarnya rugi karena menjadi tidak produktif," ujarnya.

Menurutnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri sudah menemukan cara untuk dapat meredam setiap aksi demo buruh di manapun itu berlangsung.

"Kuncinya...ada pada masalah penanganan demo oleh aparat kepolisian. Perlu peningkatan jumlah personil polisi untuk meredam setiap terjadinya unjuk rasa," tegasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement