Kamis 02 Feb 2012 17:33 WIB

Olah TKP Bus Maju Jaya yang Tewaskan 12 Orang, Seperti Kasus Xenia Maut

Rep: Angga Indrawan/ Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Satuan tim Jajaran Polda Jabar dan Korlantas Kepolisian Republik Indonesia baru saja usai melakukan olah TKP di lokasi jatuhnya bus Maju Jaya di turunan Wado, Kabupaten Sumedang. Metode olah TKP yang dilakukan, sama persis dengan kejadian Xenia maut di Tugu Tani beberapa waktu silam.

Dari hasil olah TKP yang berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut, pihak kepolisian belum bisa menghasilkan dugaan sementara penyebab kejadian nahas yang terjadi Rabu (1/2).

Sementara itu, Kepala Korlantas Kepolisian Republik Indonesia, Kombespol Indrajit menjelaskan, olah tkp yang dilakukan menggunakan metode Traffic Analysist Accident. Metode ini kali pertama dilakukan di Jawa Barat, setelah sebelumnya digunakan di Tugu Tani pada kasus Afriyani dengan xenia mautnya.

"Metode ini hasil studi di Belanda, keuunggulannya mampu mengidentifikasi kondisi pra dan pasca kejadian," ujarnya kepada Republika di sela-sela proses evakuasi.

Disinggung soal dugaan kecelakaan, Indrajit belum berani menjelaskan. Namun, menurutnya ada dugaan kuat kecelakaan disebabkan karena tidak difungsikannya bagian rem. "Logikanya, tidak terlihat bekas pengereman di aspal," tandasnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement