Rabu 01 Feb 2012 12:09 WIB

Soal Buruh, Cak Imin Kumpulkan Gubernur Se-Indonesia

Rep: Fitria Andayani / Red: Hafidz Muftisany
Muhaimin Iskandar/Ilustrasi
Foto: Daan/Republika
Muhaimin Iskandar/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan melaksanakan rapat koordinasi dengan gubernur seluruh Indonesia pada Jumat (3/2) mendatang. Rapat tersebut diharapkan dapat menghasilkan keputusan bersama tentang penetapan upah buruh.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar berharap, agar dalam pertemuan tersebut semua gubernur satu sikap. "Biar dalam hal penetapan upah semuanya seragam," katanya, Rabu (1/2).

Kemenarkertrans pun, pada Rabu, mengundang Gubernur Banten, serikat pekerja, dan Apindo Tanggerang, untuk menuntaskan permasalahan penetapan upah di Tanggerang.

Puluhan ribu buruh di Tangerang mengancam akan menduduki tol Jakarta-Tangerang dan Bandara Soekarno-Hatta. Aksi akan mereka lakukan pada 9 Februari mendatang, bila perundingan soal upah minimun regional (UMR) bagi buruh Tanggerang pada 1 Februari, menemui jalan buntu.

Menanggapi rencana demo buruh di Tanggerang, Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Radjasa menyatakan, sepelik apapun persoalannya harus diselesaikan dengan dialog. "Saya tetap yakin semuanya bisa diselesaikan. Kemarin demo buruh Bekasi bisa diakhiri dengan baik," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement