Senin 30 Jan 2012 23:00 WIB

Indonesia-Australia Dirikan Rumah Sakit Khusus Gajah

Seorang petugas memandikan seekor gajah Sumatera di sungai.
Foto: Antara/Ribut Priadi
Seorang petugas memandikan seekor gajah Sumatera di sungai.

REPUBLIKA.CO.ID, WAY KAMBAS - Indonesia dan Australia membangun rumah sakit satwa gajah pertama di dunia. Rumah sakit berlokasi di Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Direktur Lembaga Konservasi "eks-situ" (di luar habitat) Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor, Tony Sumampau, mengatakan peletakan batu pertama pembangunan RS Gajah dan sarana pendukungnya itu akan dilakukan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan pada Selasa (31/1) di Taman Nasional Way Kambas. Pembangunan RS Gajah merupakan kerja sama antara TSI, Australia Zoo, dan Kementerian Kehutanan.

"Kemenhut menyediakan lahan seluas 100 hektare, sedangkan dana pembangunannya disediakan TSI dan Australia Zoo," katanya.

Untuk pembangunan RS Gajah itu, pihaknya membutuhkan dana sebesar Rp 20 miliar. Pembangunan ditargetkan selesai dalam waktu 1,5 tahun sejak peletakan batu pertama.

"Untuk tahap awal pembangunan, itu sudah tersedia Rp10 miliar. Sisanya akan dialokasikan sambil berjalan prosesnya," kata Tony Sumampau yang juga Koordinator Forum Konservasi Satwa Liar Indonesia (Foksi) itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement