Selasa 24 Jan 2012 09:19 WIB

Jika Terlibat Kesusilaan, Hakim Agung Jangan Maju

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Didi Purwadi
Gayus Lumbuun
Gayus Lumbuun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Hakim Agung, Gayus Lumbuun, memberikan beberapa kriteria calon ketua Mahkamah Agung yang bakal dipilihnya. Ada tiga kriteria acuan dalam memilih pengganti Harifin Andi Tumpa yang bakal pensiun dari posisi Ketua MA pada 1 Maret 2012.

Menurut Gayus, ketua MA haruslah orang yang mengenal lingkungan lembaga pengadil tertinggi tersebut dengan sangat detail. Gayus mengaku akan menjatuhkan pilihan berdasarkan orang yang mempunyai sosok kepemimpinan, penguasaan hukum alias bisa memutuskan konflik rumit, dan benar-benar mamahami hukum. Kriteria lainnya adalah bermoralitas alias tidak pernah terkait skandal perempuan, uang, dan perilaku tidak patut lainnya.

"Saya hanya menyebut kriteria, bukan orang per orang. Ini agar obyektif," kata Gayus kepada Republika, Selasa (24/1).

Dengan kriteria yang ditetapkannya tersebut, MA bisa menjadi lembaga peradilan yang betul-betul berwibawa dan menjadi harapan masyarakat pencari keadilan. "Jangan sampai orang yang pernah terlibat kasus perempuan bisa maju dan memimpin MA. Tapi, saya tidak tahu apakah ada kasus seperti itu di MA," kata mantan politisi PDI Perjuangan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement