Selasa 24 Jan 2012 07:53 WIB

Kubu Agama dan Pidana Ramaikan Pemilihan Ketua MA

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Didi Purwadi
Mahkamah Agung
Foto: Republika
Mahkamah Agung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilihan ketua Mahkamah Agung (MA) rencananya akan digelar pada Rabu (8/2) nanti untuk mencari pengganti Ketua MA, Harifin Andi Tumpa, yang memasuki masa pensiun pada 1 Maret 2012. Sumber Republika di internal MA menyebut bahwa ada dua calon kuat yang berpeluang menggantikan Harifin Andi Tumpa.

Mereka adalah Wakil Ketua MA bidang Non-Yudisial, Ahmad Kamil dan Ketua Muda Pengawasan, Hatta Ali. Ahmad Kamil memiliki latarbelakang hukum di bidang agama. Sementara, Hatta Ali disebut mewakili kubu bidang pidana.

Kubu hakim agung berlatarbelakang agama selama ini lebih diperhatikan ketua MA daripada kubu pidana. Pada 11 Januari 2011, Harifin Andi Tumpa meresmikan 26 pengadilan agama yang dipusatkan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Djoko Sarwoko, Ketua Muda Pidana Khusus yang disebut-sebut dekat dengan Hatta Ali, membantah kabar tersebut. Meski begitu, pihaknya menyarankan lebih baik ketua MA dipilih dari hakim agung yang kapabel mengurusi bidang perdata atau pidana. "Dari agama juga boleh, tapi lebih baik bidang umum. Semuanya nanti bertarung secara fair," kata Djoko.

Djoko secara tersirat memilih tidak ikut maju dalam pemilihan. Namun, dia tetap memberikan hak suaranya dalam pemilihan nanti. "Saya tahun depan pensiun soalnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement