Selasa 17 Jan 2012 16:15 WIB

Keterangan Rosalina di Persidangan Bisa Jadi Alat Bukti

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Mindo Rosalina Manulang
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Mindo Rosalina Manulang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Dalam sidang di Pengadilan di Pengadilan TIndak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (16/10) kemarin, Mindo Rosalina memberikan keterangan terkait pihak-pihak terlibat dalam kasusnya.  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bahwa setiap keterangan Rosalina sudah bisa menjadi alat bukti.

"Menurut KUHAP (Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana), keterangan saksi yang diberikan di bawah sumpah, itu jadi keterangan yang jadi alat bukti," kata Wakil Ketua KPK Bambang Widjodjanto di kantornya, Selasa (17/1).

Bambang menilai keterangan Rosalina dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP), tidak lebih kuat dari keterangan yang ia sampaikan di persidangan. Sehingga, keterangan yang disampaikan Rosalina itu bukan hanya menjadi fakta persidangan tetapi sudah menjadi alat bukti.

Bambang mengatakan, ia sendiri percaya dengan setiap keterangan yang disampaikan oleh Rosalina pada persidangan itu. Karena, Rosalina memberikan keterangan berdasarkan sumpah.

Namun, saat  ditanya apakah nama-nama yang disebut Rosalina ikut terlibat akan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, Bambang enggan menjawabnya. Menurutnya, hal tersebut merupakan tindakan teknis yang dilakukan oleh penyidik.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement