Kamis 12 Jan 2012 17:47 WIB

Polemik Perda Miras Diselesaikan dengan RUU JPH

Rep: Amri Amrullah/ Red: Ramdhan Muhaimin
Pemusnahan Miras
Pemusnahan Miras

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Inisiatif Kementerian Dalam Negeri mengevaluasi Perda Miras menuai polemik di masyarakat. Pemerintah dituding hendak mencabut perda yang telah diberlakukan di sejumlah daerah tersebut. 

Kalangan DPR menilai polemik Perda Miras dapat diselesaikan jika RUU Jaminan Produk Halal (JPH) cepat disahkan.

Ketua Komisi VIII DPR, Surahman Hidayat mengatakan jika RUU JPH bisa diselesaikan dengan cepat, maka akan menjadi payung hukum bagi Perda Miras.

"Karena itu pemerintah harus segera menyelesaikan Daftar Inventaris Masalah (DIM) RUU JPH agar RUU ini juga segera dibahas DPR. Hal ini penting untuk mengurangi polemik di masyarakat," ujar Surahman kepada Republika di gedung DPR RI, Kamis (12/1). 

Selama ini, menurutnya, pemerintah berpandangan Perda Miras tidak memiliki payung hukum dan bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi. Karena itu, dalam RUU JPH ini bisa dimasukkan muatan tentang miras dan peredarannya. 

"Jangan sampai kelemahan pijakan hukum miras dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk merusak moral bangsa," katanya. 

Karena itu, politisi PKS ini meminta pemerintah harus berhati-hati dalam mencabut atau mengevaluasi perda miras.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement