Selasa 10 Jan 2012 17:58 WIB

Menkopolkumham: Kedamaian Aceh Terkoyak

Rep: Esthi Maharani/ Red: Didi Purwadi
Djoko Suyanto
Foto: Republika
Djoko Suyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Aksi orang tak dikenal yang melakukan penembakan di Aceh dinilai telah mengoyak kedamaian. “Aceh yang damai selama lima tahun ini menjadi terkoyak karena perbuatan kelompok orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Menteri Koordinator Politik Hukum dan Ham, Djoko Suyanto, Selasa (10/1).

Djoko menegaskan pihak kepolisian sedang bekerja mencari pihak yang melakukan penembakan dan meresahkan warga Aceh. Djoko pun menolak bahwa peristiwa yang menewaskan sejumlah orang itu dikaitkan dengan pemilukada yang akan berlangsung pada Februari mendatang.

Tetapi, perkembangan yang terjadi selama beberapa pekan terakhir ini tetap akan dikaji kemungkinan keterkaitannya dengan pemilukada nanti. “Intinya, demokrasi itu mengakomodasi aspirasi. Ada partai lokal dan nasional yang harus ikut dalam proses tersebut dan harus diwadahi,” katanya.

Meski menolak ada hubungannya dengan pemilukada, tetapi pengamanan di Aceh memang akan diperketat. “Pasti penjagaan aparat kepolisian dan TNI ditingkatkan. Tetapi, itu bukan berarti menjadi suatu keadaan darurat,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement