Selasa 10 Jan 2012 17:04 WIB

Imigran Gelap Kembali Kabur

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dewi Mardiani

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Sebanyak 18 imigran gelap asal Afghanistan dan Suriah kembali kabur, Selasa (10/1) sekitar pukul 05.00 WIB dari Kantor Pendidikan dan Latihan (Diklat) Imigrasi Karawang, Jawa Barat. Padahal, mereka sudah dijaga ketat oleh aparat kepolisian dan petugas imigrasi Karawang. Sampai saat ini, jumlah imigran gelap yang masih diamankan di Kantor Diklat sebanyak 21 orang.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Karawang, M Tito Andriyanto, mengatakan, jumlah imigran yang diamankan masih 39 orang sampai Senin (9/1) malam. "Namun, pagi tadi kabur 20 orang. Dua tertangkap lagi." Karena para imigran ini berusaha kabur terus, pihaknya terpaksa menyita seluruh uang dan alat komunikasi mereka agar tidak bisa pergi ke mana-mana. Selain itu, pengawasan kembali di perketat.

Para imigran gelap ini ditangkap pertama, pada Ahad (8/1) malam di rest area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek. Saat itu, jumlahnya 77 orang. Mereka diamankan di Kantor Imigrasi setempat. Saat pemeriksaan, 17 di antaranya kabur. Kemudian, pada Senin sore, tujuh imigran asal Iran diberangkatkan ke Direktorat Keimigrasian di Kawasan Kuningan Jakarta. "Mereka yang diamankan itu tinggal menunggu penempatan saja," ujarnya. Sebelumnya, kasus serupa juga ada di Sukabumi dan Ciamis. Mereka kebanyakan akan menuju Australia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement