Jumat 09 Dec 2011 16:42 WIB

Krisis Global 2012 Hampir Sama dengan 2008, Presiden Beri Pengarahan Gubernur se-Indonesia

Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Antara
Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pengarahan kepada para gubernur dari seluruh Indonesia yang menjadi peserta Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia di Semarang, Jumat.

Presiden yang didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu II tidak memberikan banyak pengarahan kepada para kepala daerah tersebut.

"Saya ingin lebih banyak mendengar masukan dari para gubernur untuk selanjutnya direspons," kata Presiden.

Dalam kesempatan itu, Presiden meminta kesiapan dalam menghadapi situasi dunia pada 2012 dan tahun-tahun selanjutnya. Menurut dia, krisis global yang terjadi saat ini hampir sama seperti krisis 2008.

Hanya saja, kata dia, yang membedakan ialah pada 2008 diawali oleh krisis yang terjadi di Amerika Serikat.

Untuk krisis yang sekarang terjadi, lanjut dia, akibat krisis di kawasan Eropa. "Dampaknya sama, cepat atau lambat akan pukul perekonomian," katanya.

Usai memberi pengarahan, Presiden berkesempatan berdialog dengan para gubernur peserta Musyawarah Nasional IV APPSI.

Agenda internal APPSI yang juga akan dilaksanakan dalam musyawarah ini antara lain perbaikan anggaran dasar dan rumah tangga serta menyusun rencana kerja.

Saat ini, Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) diketuai oleh Fauzi Bowo yang juga menjabat sebagai Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement