Senin 28 Nov 2011 22:01 WIB

Tahun Ini Dipastikan Indonesia tak akan Alami El Nino

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan tidak terjadi ganguan cuaca El Nino maupun La Lina di Samudera Pasifik pada tahun ini. Pergantian musim berarti berjalan normal.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY,Toni Agus Wijaya di Yogyakarta, Senin (28/11), mengatakan pola peralihan musim kemarau ke musim hujan pada tahun ini berlangsung normal. Menurut dia, pola peralihan musim dihitung BMKG dalam waktu 30 tahun terakhir.

"Pada tahun ini musim hujan cenderung berlangsung normal. Menurut dia, musim hujan pada tahun ini tidak sama dengan Tahun 2009 karena pada tahun itu terjadi peningkatan curah hujan yang tinggi akibat ganguan cuaca yang disebabkan El Nino di Samudra pasifik.

"Tahun 2009 musim kemarau mengalami penyimpangan atau terjadi anomali musim karena ada gangguan cuaca sehingga berakhir lebih cepat, yakni Agustus," kata dia.

Menurut Toni sebagian masyarakat bingung dengan kondisi cuaca karena terjadi perubahan cuaca dalam beberapa hari pekan terakhir. "Gangguan cuaca jangka pendek itu biasa terjadi memasuki musim hujan sehingga bisa dikatakan normal," katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement