Senin 28 Nov 2011 18:41 WIB

Danau Cipule akan Dihijaukan Kembali

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Johar Arif
Sejumlah atlet dayung dari berbagai negara melakukan latihan sprint di Arena Dayung SEA Games XXVI di Cipule, Karawang, Jawa Barat.
Foto: Antara/Paramayuda
Sejumlah atlet dayung dari berbagai negara melakukan latihan sprint di Arena Dayung SEA Games XXVI di Cipule, Karawang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Danau Cipule di Karawang, Jawa Barat, yang menjadi venue dayung SEA Games 2011 lalu akan dihijaukan kembali. Program penghijauan ini dilakukan oleh Gerakan Perempuan Tebar dan Pelihara (GPTP) yang puncaknya dilaksanakan 2 Desember mendatang.

“Semoga gerakan ini bisa menginspirasi masyarakat untuk selalu menanam pohon,” ujar Dewi Motik Pramono, ketua Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dalam jumpa pers, Senin (28/11).

GPTP merupakan gabungan dari tujuh organisasi wanita, yakni Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Tim Penggerak PKK, Kowani, Dharma Wanita Persatuan, Bayangkari, Dharma Pertiwi (DP) dan Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan (APPB). Sejak tahun 2007 GPTP mulai mengkampanyekan gerakan menanam pohon. Mereka mengajak masyarakat untuk menanam pohon di seluruh Indonesia.

Di Cipule GPTP akan menanam 800 pohon serta menyebar 5000 benih ikan. Sebelumnya, pada 19 November, GPTP sudah melakukan peninjauan titik-titik yang akan ditanami pohon di sekitar situ Cipule. “Situ (danau) merupakan salah satu konservasi alam sehingga harus kita perhatikan. Kita harus belajar dari banjir yang melanda Thailand,” ujar Dewi.  Ia berharap gerakan menanam pohon akan terinternalisasi dalam masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement