Rabu 16 Nov 2011 10:52 WIB

Awas! Radikalisme Mulai Menjalar ke Sekolah

Siswa SMA, ilustrasi
Foto: Antara
Siswa SMA, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG-- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan, gerakan Terorisme dan radikalisme mulai berani memasuki dunia pendidikan. Ini harus disikapi serius oleh kalangan yang mengurusi bidang tersebut.

"Apabila tidak diwaspadai dan ditangani dengan benar, gerakan tersebut dapat melahirkan teroris-teroris baru dari kalangan terdidik dan terpelajar," kata Sekretaris Utama BNPT Marsekal muda Chaerul Akbar, di Bandarlampung, Rabu.

Menurut dia, gerakan separatisme dan radikalisme dapat masuk dan menyusup ke dalam dunia pendidikan melalui bungkus fanatisme agama.

Dia menjelakan, dapat masuknya gerakan radikal yang berujung pada terorisme ke dunia pendidikan dengan leluasa merupakan kegagalan pendidik dalam melaksanakan fungsi tugasnya, karena kurangnya pembekalan terhadap guru terkait hal tersebut.

"Guru sebagai garda terdepan memiliki kewajiban moral untuk mengajar dan mendidik muridnya berprilaku baik, perlu dibekali bagaimana mengantisipasi hal tersebut," kata dia.

Menurut dia, peran guru perlu direvitalisasi untuk mencegah murid dan mahasiwanya disusupi oleh gerakan tersebut.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement