Ahad 13 Nov 2011 13:41 WIB

KPK Harap Nazaruddin Buka-bukaan di Pengadilan

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Djibril Muhammad
Tersangka kasus suap pembangunan Wisma Atlet, M Nazaruddin, dikawal petugas seusai menjalani pemeriksaan Komite Etik KPK, di Jakarta.
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Tersangka kasus suap pembangunan Wisma Atlet, M Nazaruddin, dikawal petugas seusai menjalani pemeriksaan Komite Etik KPK, di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tersangka kasus suap Sesmenpora M Nazaruddin segera memasuki proses persidangan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap mantan bendahara umum Partai Demokrat itu terbuka untuk memberikan informasi terkait dengan kasusnya tersebut.

"Dibuka saja, silakan beri keterangan di pengadilan," kata Ketua KPK Busyro Muqoddas di kantornya akhir pekan lalu.

Busyro membantah jika selama dalam proses penyidikan, KPK tidak menggali informasi yang berhubungan dengan kasus itu. Sebaliknya, Nazaruddin justru tidak memberikan keterangan dengan jelas.

"Sebagian isi pernyataan-pernyataan Nazaruddin maupun pengacaranya tidak jelas. Makanya tidak layak kami tanggapi," ujar Busyro.

Busyro mengatakan, yang terpenting bagi KPK maupun selama persidangan adalah fakta hukum. Bukan melulu mengharapkan keterangan dari Nazaruddin meskipun jika di persidangan kelak ia memberikan keterangan.

"Kami persilakan dia untuk bicara ataupun bungkam yang penting bagi kami fakta hukum," katanya.

Sebelumnya, Kuasa Hukum M Nazaruddin, Elza Syarif menyebutkan bahwa ada upaya pembungkaman terhadap kliennya. Bahkan, Elza Syarif mengatakan ada kejanggalan dalam agenda pemanggilan yang dilakukan KPK terhadap M Nazaruddin.

"Kata penyidik sudah lengkap berkasnya. Ya itu menurut mereka. Saya merasa BAP kemarin Nazaruddin diperiksa belum selesai. Tapi ini kan kewenangan penyidik, kalau dibilang lengkap ya terserah. Tapi, bagi kami Nazaruddin belum selesai memberikan keterangan. Ini pendapat saya, bisa salah bisa juga benar. Tapi, saya berperasaan Nazaruddin seperti dibungkam," kata Elza  di Kantro KPK, Kamis (10/11).

Alasannya, saat pemeriksaan sebelumnya Nazaruddin belum memberikan keterangan apapun. Selain itu pertanyaan penyidik juga dinilai tidak substansial dan tidak berkaitan dengan kasus wisma atlet.

"Yang ditanya kemana saja selama di Singapura, perjalanannya menggunakan paspor apa, itu kan tidak berkaitan dengan Wisma Atlet," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement